38 comments on “Penggunaan Headlamp LED Ternyata Bahaya Lho…

  1. Assalamualaikum
    Mohon maaf nihh mas. Opini saja dari saya.
    Kan yang mengalami hal seperti mas hanya sebagian kecil. Dan itu lurang dari minoritas, dan itu berdampak tidak langsumg alias jangka panjang untuk kanker nya.

    Bagaimana dengan Rokok ??

    Itu kan mayoritas orang yang menolak. Dampak nya pun jangka pendek ada bengitu pun jangka panjang. Dan peraturannya pun sudah ada larangannya di perda ..
    Rokok tidak ada standarisasi
    Tp berbeda dengan led ini yang sudah pasti standar keamanan dan kenyamanan pengendara maupun lawan berkendara

    Mungkin itu saja mas. Saya hanya seorang mahasiswa yang blm begitu banyak pengalaman. Mungkin ada bila ada salah mohon diluruskan kembali

    Sekian terimakasih

    Like

  2. seratus persen tepat maz bro, led itu ada bermacam-macam jenis warnanya klo yg umum dipasaran 4000K sampai 6000K yang putih menyilaukan itu yg 6000K cool white klo yang 4000K warm kesannya agak kuning mirip bohlam standar namun intensitas cahayanya lebih tinggi dan juga mampu menembus kabut. tempat pemasangannya juga diperhatikan jangan memasang lampu led berdaya tinggi diatas stang jelas menyilaukan dari depan pasang aja di bawah mendekati slebor dan arahkan ke tanah.

    Like

  3. Yg bikin silau ya cahayanya, bukan LEDnya, kalau penggunaan daya, lumenitas, reflecting anglenya bener ya gk bakalan silau, kalau salah ya walaupun pake bohlam senter jg silau. LED itu hanya sebuah teknologi penghasil cahaya yg lebih efisien dari bohlam untuk saat ini. Kalau ada aturan yg menolak LED ya berarti yg bikin aturan itu masih gaptek dgn kata lain masih belum bisa menerima teknologi

    Like

  4. Posisi headlamp disetel yg bener lah. Sekalipun pake bohlam biasa kalo setelan headlamp lurus kedepan tetep aja bikin silau dan menyebalkan.

    Prinsip dasar headlamp sdh pas setelannya adalah, saat jalan kepala/wajah orang didepan kita gak keliatan jelas/gak kesorot cahaya headlamp kita.

    Atau spion sedan gak kesorot , berarti posisi headlamp sdh cukup pas, tdk terlalu nunduk tapi juga gak terlalu tinggi

    cmiiw

    Like

  5. Ada dua hal yang belum dipertimbangkan, dan hasilnya fatal :
    1. LED yang silau itu led modif sendiri, atau dari pabrik? Kalau dari pabrik sudah LED dan disetel dengan benar, nggak silau kok. Itulah gunanya ada uji tipe motor baru.
    2. LED TIDAK memancarkan sinar UV. Jadi buat apa filter UV di lampu LED?

    Terus soal melatonin, memang LED pengaruh, karena cahaya terangnya mendekati siang hari. Makanya jangan main hp atau tablet kalau mau tidur. Matikan lampu lebih baik. Dan kalau mau tidur jangan malah pergi ke jalan raya, ngelihatin motor yang lampunya LED, dijamin tambah susah tidur…

    Like

  6. apalagi yg pasang lampu tambahan pake LED super terang, di jalan ya harus sopan santun. saya sendiri headlamp pake LED juga, tapi saya atur nunduk maksimal. lampu tambahan juga pake led, namun hanya dipakai ketika jalan di area yang minim penerangan, misal lewat jalan yng penuh pohon rindang dan gelap dan jalan2 yng tidak ada lampu penerangan.

    Like

  7. Ah gak juga, headlamp halogen kalo nyetelnya ketinggian atau pengendaranya gak tau aturan penggunaan lampu dekat dan jauh juga bikin silau kok, lampu hid/led kalo bikin road sign jadi kelihatan lebih jelas dan tegas daripada bohlam halogen

    Like

  8. ================

    Sinar lampu LED sebenarnya harus disebar, bukan malah difokuskan. Kalo difokuskan mk intensitas luminasi cahaya yg terlihat akan berlabihan….ini yg bahaya.
    Parahnya sbagian berpendapat sinar lampu led perlu difokuskan biar terlihat terangnya…. Hahhhhhhh…

    ===================

    Like

  9. Kalau menurutku bukan LEDnya yang menyilaukan, melainkan setelan arah sorotnya yang terlalu tinggi. Harus diset lagi tuh. Bohlam biasapun kalau setelannya terlalu tinggi juga menyilaukan. Banyak pengendara yang tidak menyadari jika lampunya terlalu tinggi.

    Like

  10. Bila sudah terbiasa sih gak silau, tanya tuh sama pak polisi.
    headlamp led vario 110 gak dianggep sbg lampu utama.

    Like

  11. Betul.. kalo pas papasan vario 150, pas di dim langsung buta sesaat. Pernah juga di-dim sama bmw, langsung pleng.. gak cuma silau,rasane agak sakit di mata..

    Like

    • Bixenon kalo pas high beam dan kena hotspot nya memang jos, mak cleng, sopir bus malam aja Minggir kalo ada yang ngedim pake Bixenon

      Liked by 1 person

  12. oleh karena itu sebisanya tidak memandang secara langsung dari depan. Apapun bentuk headlampnya memang berpotensi menyilaukan, berbedanya LED memiliki titik fokus yang lebih kuat dibandingkan tipe bohlam ataupun hid yang cenderung menyebar

    Like

    • bener banget,……. mungkin kedepannya untuk tiap motor yang pake LED wajib pake projektor untuk menyebarkan cahayanya terlebih dahulu sebelum meninggalkan headlamp. Kasusnya sama dengan HID, kalo ga pake projektor silau minta ampun, kalo pake projektor silau sih silau tapi lumayan terredam…….

      Like

Bila ini dari sudut pandang saya, bagaimana dengan sudut pandang Anda...??

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s