12 comments on “Perbaikan Lubang Busi Motor yang Slek/Dol…

  1. Hati2 bro, bubutan dilobang2 yg ada dipermukaan mesin macam itu kdng msh menyisakan sisa rempah bubutan yg masuk ke mesin. Ane pernah ngebubut lobang buang oli, dan ada kejadian macam itu. Buat amannya sebaiknya pakai oli biasa dulu, setelah berjalan sekitar 500 KM, ganti oli beserta filter dan seal tutup filter oli, supaya kotorannya benar2 keluar. Trus kalo mau lbh aman pake aditif oli macam na*o en*rgizer buat ngejaga kemungkinan baret akibat remah2 sisa bubutan yg masuk ruang bakar.

    Like

  2. jk dah sleg/dol ada kok insert screw khusus buat busi, semacam slongsong/pipa dr bahan baja cor pd bagian luar ada dratnya dan lobang bagian dalam jg ada dratnya buat busi, jd stelah head dilepas lobang busi disesuaikan dan ditab/drat dalam setelah selesai selongsong td dimasukkan seperti mngerasi baut dan kencangkan, rapikan bagian dlm ma luarnya/diratakan, jaminan top markotop,

    Like

  3. kalau di daerah lubang busi keluar rembesan oli…apa harus di bubut juga?? biar gk rembes n performa motor balik lg…soalnya tarikan terasa berat…mohon pencerahannya bro…matur suwun.. 🙂

    Like

    • Coba Cek dulu rembesan olinya dari lobang busi atau seal klep bro. Biasanya kalo lobang busi udh oblak, umur busi jadi makin pendek, motor minta ganti busi mulu.

      Like

  4. biar gak gampang slek biasanya kalau saya suka dikasih oli mesin 3 tetes saja cukup pada ulir businya biar gak gampang aus ulir pada kepala silinder mesinnya dan itu berhasil tak pernah ada masalah sampai saat ini.

    Like

  5. nih ane bru tadi ngerasain hal serupa.lbh parah lagi mtor ane dohc,yg notabene businya kga nongol.ditambah 4klep. Ya…jdi yg di ganti jg nambah.kan seal klepnya 4

    Like

    • Kalo klepnya ga rembes mah ga ush diganti sealnya bro. Makanya di Cek dulu rembesnya di lobang oli atau seal klep. Justru kalo rembes di seal klep biaya lbh murah.

      Kalo ternyata rembes di lobang baut dan ente tipe hard daily worker yg ngga punya waktu buat ke bengkel, coba pake nano energizer aja dulu. Efeknya emg ngga langsung, harus sabar. Gw pernah pake di smash lansiran 2004, hasilnya cukup mujarab. Tapi itupun setelah bolak balik bengkel untuk ganti seal klep dan memastikan bahwa rembesnya itu dari lobang busi. Ane smpe 2 minggu check up. Pertama ganti seal klep atas, ane pake seminggu msh ada rembes, ane bawa lagi minggu beriktnya ke bengkel, ganti seal klep bawah, ganti seal knalpot, smpe bener keliatan bahwa rembesnya itu memang dr lobang busi, ane gak smpt bongkar motor besar, jadi Cobain aja nano. Masih rembes awalnya, tapi berkurang dan lama2 ngga ada rembes lagi dr situ.

      Like

Bila ini dari sudut pandang saya, bagaimana dengan sudut pandang Anda...??

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s