16 comments on “Penyebab Mesin Motor Ngebul dan Oli Berkurang…

  1. Bisa bantu cari part XCD ndak Gan.. Di Surabaya sekarang bener2 susah cari part kabel gas nya. Kalo indipart ada link atau URL nya. Notes di atas tidak bisa dibuka. Thanks buat perhatianya

    Like

  2. oiya kalau linear bore nya ga ada baret, berarti ringnya lemah atau seal klepnya yg lemah
    setau saya,
    NB: susah mendeteksi secara fisik mana ring yg masih baru atau lemah(bekas)
    disarankan beli sparepart di distributor resmi/bengkel kepercayaan langganan agan ya,
    masalahnya saya pernah tertipu

    sama halnya seperti oli aspal!!

    Like

  3. pengalaman bongkar sendiri

    pertama nyala mesin keluar asap tipis, okelah memang saya pake cuk, supaya mudah hidup mesinnya

    lalu apa yg trjadi keesokan harinya tanpa cuk, saat idup mesin, lahkok malah ngebul banyak
    ternyata seal klepnya sudah getas, lalu saya biarkan nunggu punya uang lebih, dan ternyata esok hari mlah nambah banyak asapnya

    keputusan saya hari minggu lgsung ke bengkel beli
    -seal klep 2 biji
    -ring piston (lebih murah sepaket, dibanding hanya beli ring saja
    -oli 1 liter
    -paking head( 1 sett)
    bongkar pasang (plug and play) dilakukan sendiri di rumah . lama 2 jam

    NB: Jika sudah dirasa ada kejanggalan asap putih SEGERALAH periksa & berobatkanlah mesin motor kesayangan agan . sebelum nambah parah
    terimakasih.

    Like

  4. Loh kok durasi overlap camshalf ngak ada…
    pengaruh loh terutama mesin dgn spec long stroke kaya P220, tiger, gen vixion selain NVA/MXking, pio225, byson. All Metik.
    coz overlap besar akan meningkatkan backpressure gas buang yg masih panas masuk lagi ke ruang bakar.
    semakin tinggi rpm semakin besar tekanan back pressure dan semakin panas, jika pendinginannya kurang baik maka bisa terjadi overheat, overheat akan memuaikan blok mesin, piston, Seal klep dan ring piston bikin celah kecil yg bisa dilewati olie.
    Itulah alasan kenapa pak Abidin bilang semua mesin (NVL) akan ngebul jika digeber lebih dari 8000rpm. Overlapnya 56˚loh.
    Parameternya: biasanya kondisi baru, asep ngak ada dirpm rendah/idle. Tp oli cepet berkurang. Nah ini suspec gejala overheat.
    Solusi:
    1. Papas overlap camshalf max 40˚ Atau
    2. Ganti dgn silincer yg lbh lancar biasanya silincer mesin short stroke lbh lancar
    Intinya mengurangi backpressure.

    Like

  5. Wah… kebiasaan Revo absolute tuh, banyak saya lht di jalanan yg pada ngebul. Punya temen kerja ada 2 org yg ngebul dan mesinnya kasar. Kl motor lama sih wajar, tp ini motor blm jg 5 thn pake masak udah ngebul? Anehnya, tetep aja pada beli Honda lg, wkwkwkkkkkkk……. Shogun 125 milik adik ipar yg pdhl gak dirawat, asal pake aja, tp udah umur 10 thn msh baik2 aja tuh mesinnya. Yg satu kalah merk dan yg satu lg jualan merk, wkwkwkwkkkkk……..

    Like

    • Soalnya honda sudah lebih dulu ada di indonesia. Sama seperti mi instan.Mayoritas penduduk indonesia kalo beli selalu bilang:”indomi” jarang yg bilang supermi,sarimi ato yg lain-lain. Seperti halnya motor.

      Like

  6. Mantap gan artikelnya. Nambah pengetahuan tentang motor. Selama ini saya selalu pasrah sama bengkel kalau ada yang salah. Jadi pingin tahu lebih banyak lagi

    Like

    • Kalo menurut saya mau Honda atau yg lainnya asalkan itu mesin 4tak,jangan beli underdil yg abal2 harga beda dikit tapi kualitas,saya punya biar mesin diobok2 gak ada yg bermasalah tuh

      Like

Bila ini dari sudut pandang saya, bagaimana dengan sudut pandang Anda...??

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s